Saturday, February 20, 2016

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Vertikultur


Cara Membuat tanaman hidroponik dengan sistem vertikultur akan sangat menarik, karena tanaman akan disusun untuk tumbuh vertikal atau keatas. Sedangkan yang kita ketahui saat ini adalah, tanaman dibudidayakan ditanah yang terhampar luas. Uniknya lagi dari membuat tanaman hidroponik vertikultur ini adalah tanaman tidak hanya untuk dipanen sebagai konsumsi tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan didalam ruangan. Hidroponik vertikultur ini dikreasikan oleh Kunto Herwibowo yang merupakan praktisi dan pelopor hidroponik di Indonesia.

Mari kita mulai membuat tanaman hidroponik vertikultur, silahkan mengikuti panduan berikut :

1. Sediakan pipa PVC berdiameter 10cm sepanjang 2m. Lubangi pipa PVC pada empat titik dengan jarak yang sama lebar antara satu dengan lainnya. Diameter lubang sebesar 5cm, buat lubang yang sama dibagian bawahnya dengan jarak 15cm antara lubang bawah dan atas.

cara-membuat-tanaman-hidroponik


2. Pasang pipa PVC berdiameter sama dengan lubang tanam dengan posisi pengarah sedikit keatas, kurang lebih dalam sudut 30 derajat.

3. Masukkan pipa kecil berdiameter 1 inchi dalam pipa PVC besar, pipa 1 inchi ini nanti nya akan menjadi jalur saluran pendistribusian air dari bawah ke atas.

4. Pasang pipa PVC ke ember yang tutupnya sudah dilubangi sesuai lebar dari diameter pipa PVC besar.

5. letakkan pompa dalam ember, masukkan campuran nutrisi pada ember dibagian dasar rakitan. Nyalakan pompa dan larutan nutrisi akan mengalir keatas melalui pipa kecil dibagian tengah pipa pvc besar.

6. Setelah sampai diatas, larutan nutrisi akan mengalir kebawah. Diperjalan, air yang mengalir akan terserap sebagian oleh perakaran tanaman dan sumbu. Kita bisa juta tidak menggunakan sumbu jika perakaran tanaman telah cukup kuat dan banyak.

Kekurangan dalam cara membuat tanaman hidroponik vertikultur ini adalah ketergantungannya dalam listrik. Jika listrik padam, maka pompa air tidak akan mampu mendistribukan air untuk tanaman yang berada diatas. Sehingga ketika listrik pada, maka kita perlu melakukan penyiraman secara manual.

Panduan Tanaman Hidroponik :
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Vertikal
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Dinding
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Pipa PVC
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sumbu
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik NFT

No comments:

Post a Comment