Saturday, February 20, 2016

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Dinding

  
Cara membuat tanaman hidroponik tidak harus selalu dihalaman rumah, bagi anda yang tidak memiliki cukup halaman maka anda dapat mencoba untuk membuat tanaman hidroponik di dinding. Ya, di dinding, inilah kelebihan tanaman hidroponik yang dapat ditanam dimana saja karena tidak memerlukan tanah. Sehingga menjadikan hidroponik sebagai solusi bagi anda yang ingin berbudidaya tanaman tetapi tidak memiliki cukup lahan.

Jumlah tanaman dan rangkaian sistem hidroponik dapat disesuaikan dengan luas ketersediaan dinding dirumah anda, sehingga membuat tanaman hidroponik di dinding ini cukup effisien dalam pembiayaannya. Berikut ini panduan cara membuat tanaman hidroponik di dinding rumah anda.

membuat-tanaman-hidroponik-dinding


1. Siapkan pipa PVC 3 inchi yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan, kita misalkan 2 meter pipa PVC. Buat lubang dengan diameter 5cm dengan jarak antar lubang tanaman sebesar 15 cm.

2.  Pasang pipa PVC di dinding dengan kemiringan tidak lebih dari 5%, pasang pipa dengan rapat ke dinding. Jarak pipa PVC diatas dengan pipa PVC dibawahnya kurang lebih 40cm. Hubungkan pipa satu dengan lainnya dengan pip “L” dan pipa ukuran kecil 1 inchi. Pastikan instalasi cukup kuat sehingga nantinya dapat menopang tanaman dewasa yang tumbuh besar diatas pipa.

3. Pasang saluran pembuangan dibagian pipa paling bawah dan saluran masuk larutan dibagian pipa paling atas. Popma menggunakan daya 120 watt dan sediakan tanggki untuk kapasitas 100 liter.

4. Isi kontainer dengan larutan nutrisi, nyalakan pompa air. Maka air akan mengalir keatas dan mengalir mengikuti instalasi pipa. Aliran nutrisi akan turun dengan bantuan gravitasi, sehingga usahakan kemiringan tidak lebih dari 5% agar air tidak mengalir terlalu cepat atau terlalu lambat.

Dengan membuat tanaman hidroponik di dinding, maka akan memberikan nilai keindahan tersediri untuk rumah anda. Sehingga halaman sempit bukan lagi menjadi kendala untuk melakukan budidaya tanaman secara hidroponik.

No comments:

Post a Comment